Entri Populer

11 Desember 2010

Hak - Hak Kewarganegaraan

              Hak Perlindungan dan Keselamatan Setiap Warga Negara
A.      Hak Hidup
               Setiap orang yang lahir sampai meninggal dunia adalah sebagai warga negara, yang mempunyai hak hidup yang azasi.Hak azasi ini diatur oleh hukuman setiap negara maupun internasioanal mengakuinya.Sebagai warga negara hak hidup ini dijamin oleh pemerintah dimanapun  berada.
               Kewajiban pemerintah melindungi warga negaranya memelihara dan melindungi kelanjutan kehidupannya. Oleh sebab itu setiap orang dijamin dalam menjalankan aktifitas kehidupannya untuk berusaha, bekerja mencari nafkah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan hidupnya baik secara diri pribadinya, keluarga dan masyarakat pada umumnya. Kemajuan suatu negara dapat diukur pada tingkat kesejahteraan warga negaranya.

B.      Hak Perlindungan Keselamatan dan Keamanan
               Hak perlindungan  dan keselamatan ini merupakan kewajiban bagi setiap negara untuk memberikan perlindungan dan keselamatan warga negaranya dimanapun berada. Apabila ada warga negara yang melanggar atau dihukum di negara lain, maka pemerintah wajib memberikan perlindungan berupa bantuan hukum terhadapnya.
               Demikian pula warga negara yang bekeja pada negara lain (TKI) yang mengalami masalah pada pekerjaan dan keselamatannya, maka pemerintah wajib memberikan perlindungan. Banyak kasus yang dialami warga negara kita yang bekerja (TKI) di negara lain, berupa penganiayaan, pembunuhan, PHK, diterlantarkan dan lain – lain. Pemerintah bertanggung jawab untuk memberikan perlindungan dan dan keselamatannya. Begitu pula warga negara mendapat musibah berupa kecelakaan dan bencana alam dimanapun warga negara itu berada, pemerintah wajib memberikan bantuan dan perlindungan keselamatannya termasuk ketentraman dan keaamanan hidupnya dimanapun warga tersebut berada.

C.      Hak Mendapatkan Pendidikan dan Kesehatan
               Hak mendapatkan pendidikan dan kesehatan dijamin oleh UUD 1945 bahwa setiap orang berhak pendidikan dan kesehatan. Pendidikan merupakan bagian yang terpenting dalam suatu negara untuk mencerdaskan warga negaranya, karena apabila warga negara tingkat pendidikan maju, maka negara tersebut akan makmur dan jaya, karena orang – orang pintar akan memberikan konstribusi pemberian cemerlang dalam menjalankan pemerintahan, sehingga masyarakat akan lebih makmur dan sejahtera.
               Demikian pula kesehatan juga berperanan dalam kehidupan masyarakat, karena masalah kesehatan ini hal yang mendasar dalam kehidupan.Kedua hal ini, menjadi perhatian yang sangat serius oleh pemerintah, sehingga anggaran untuk biaya pendidikan dan kesehatan ditingkatkan. Bahkan telah ditetapkan 20 % dari anggaran APBN setiap tahun. Juga untuk operasionalnya kedua hal ini telah diprogramkan pemerintah yakni, Pendidikan gratis pada tingkat tertentu dan pelayanan kesehatan gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar